Menyelami Kisi-Kisi Soal K13 Kelas 3 SD Tema 6: Panduan Komprehensif untuk Penilaian Berbasis Energi

Pendahuluan

Pendidikan adalah investasi jangka panjang dalam membangun masa depan. Salah satu komponen krusial dalam proses pendidikan adalah evaluasi atau penilaian. Penilaian tidak hanya berfungsi untuk mengukur tingkat pemahaman siswa, tetapi juga sebagai umpan balik bagi guru untuk merefleksikan efektivitas pembelajaran. Dalam konteks Kurikulum 2013 (K13) yang mengedepankan pendekatan tematik-integratif, saintifik, dan berorientasi pada keterampilan berpikir tingkat tinggi (HOTS), penyusunan soal ujian menjadi semakin kompleks dan menantang. Di sinilah peran "kisi-kisi soal" menjadi sangat vital.

Kisi-kisi soal adalah kerangka acuan yang digunakan untuk menyusun soal ujian, memastikan bahwa soal-soal yang dibuat memiliki validitas isi yang tinggi dan merepresentasikan keseluruhan materi serta kompetensi yang ingin diukur. Untuk jenjang Sekolah Dasar (SD), khususnya Kelas 3 dengan K13, tema-tema pembelajaran dirancang secara holistik. Tema 6, "Energi dan Perubahannya", misalnya, mengintegrasikan berbagai mata pelajaran seperti PPKn, Bahasa Indonesia, Matematika, SBdP, dan PJOK dalam satu kesatuan pembelajaran. Artikel ini akan membahas secara mendalam contoh kisi-kisi soal untuk Tema 6 Kelas 3 SD, lengkap dengan elemen-elemen penting dan bagaimana kisi-kisi tersebut mendukung tujuan pembelajaran K13.

Contoh kisi-kisi soal k13 kelas 3 sd tema 6

Memahami Konsep Kisi-Kisi Soal

Secara sederhana, kisi-kisi soal dapat diibaratkan sebagai "cetak biru" atau "blue print" sebelum sebuah bangunan (soal ujian) didirikan. Kisi-kisi ini berisi matriks atau tabel yang memuat informasi penting seperti Kompetensi Dasar (KD), Indikator Pencapaian Kompetensi (IPK), materi pokok, level kognitif (taksonomi Bloom), bentuk soal, dan jumlah soal.

Tujuan dan Manfaat Kisi-Kisi:

  1. Validitas Isi: Memastikan bahwa soal yang dibuat benar-benar menguji materi dan kompetensi yang telah diajarkan.
  2. Reliabilitas: Membantu mengurangi subjektivitas dalam penyusunan soal, sehingga soal yang dihasilkan cenderung konsisten.
  3. Efisiensi: Mempercepat proses penyusunan soal karena guru memiliki panduan yang jelas.
  4. Keterwakilan Materi: Memastikan semua aspek penting dari materi dan KD terwakili dalam soal.
  5. Keseimbangan Level Kognitif: Memungkinkan guru untuk menyusun soal dengan proporsi yang seimbang antara soal LOTS (Lower Order Thinking Skills) dan HOTS (Higher Order Thinking Skills).
  6. Transparansi: Memberikan gambaran yang jelas kepada semua pihak (guru, siswa, orang tua) tentang ruang lingkup penilaian.

Kurikulum 2013 dan Pentingnya Kisi-Kisi yang Tepat

K13 memiliki beberapa karakteristik utama yang mempengaruhi desain penilaian:

  • Tematik-Integratif: Pembelajaran disajikan dalam tema-tema yang mengintegrasikan berbagai mata pelajaran. Ini berarti soal ujian pun harus mampu menguji pemahaman lintas mata pelajaran dalam konteks tema.
  • Pendekatan Saintifik: Mendorong siswa untuk mengamati, menanya, mengumpulkan informasi, mengasosiasi/menalar, dan mengomunikasikan. Penilaian harus mampu mengukur tahapan-tahapan ini.
  • Berorientasi HOTS: K13 menekankan pada pengembangan kemampuan berpikir kritis, kreatif, memecahkan masalah, dan mengambil keputusan. Oleh karena itu, soal-soal tidak boleh hanya menguji hafalan, melainkan kemampuan analisis, evaluasi, dan mencipta.
  • Penilaian Otentik: Penilaian tidak hanya berfokus pada hasil akhir, tetapi juga proses. Kisi-kisi harus mencerminkan pengukuran aspek pengetahuan, keterampilan, dan sikap.

Dengan karakteristik ini, kisi-kisi menjadi alat esensial untuk memastikan bahwa soal ujian K13 tidak hanya sekadar menguji ingatan, tetapi juga kemampuan siswa untuk menerapkan, menganalisis, dan mensintesis informasi dalam konteks yang bermakna.

Analisis Tema 6 Kelas 3 SD: "Energi dan Perubahannya"

Tema 6 "Energi dan Perubahannya" adalah tema yang sangat relevan dengan kehidupan sehari-hari siswa. Tema ini dibagi menjadi empat subtema utama:

  • Subtema 1: Sumber Energi: Mengenal berbagai sumber energi (matahari, air, angin, makanan), manfaatnya, serta hak dan kewajiban terkait penggunaannya.
  • Subtema 2: Perubahan Energi: Memahami konsep perubahan bentuk energi (listrik menjadi cahaya/panas, kimia menjadi gerak, dll.) dan penerapannya dalam kehidupan.
  • Subtema 3: Energi Alternatif: Mengenal sumber energi yang terbarukan (angin, air, panas bumi, biomassa, gelombang laut) dan pentingnya penggunaannya.
  • Subtema 4: Hemat Energi: Memahami pentingnya menghemat energi, cara-cara berhemat, serta dampak positif dari perilaku hemat energi.

Integrasi mata pelajaran dalam tema ini sangat kuat:

  • PPKn: Hak dan kewajiban dalam penggunaan energi, tanggung jawab, musyawarah, gotong royong.
  • Bahasa Indonesia: Mengidentifikasi informasi dari teks lisan/tulis tentang energi, menulis laporan sederhana, wawancara, penggunaan kata baku.
  • Matematika: Pengukuran waktu (lama kegiatan), operasi hitung dalam konteks penggunaan energi.
  • SBdP: Gerak tari menirukan gerakan terkait energi, membuat poster hemat energi.
  • PJOK: Pemanfaatan energi dalam gerak tubuh dan kesehatan.

Contoh Kisi-Kisi Soal K13 Kelas 3 SD Tema 6

Berikut adalah contoh kisi-kisi soal untuk Penilaian Harian atau Penilaian Akhir Tema 6 Kelas 3 SD, yang dirancang untuk mengukur berbagai level kognitif dan kompetensi terintegrasi.

| No. | Mata Pelajaran | Kompetensi Dasar (KD) | Indikator Pencapaian Kompetensi (IPK) | Level Kognitif (C1-C6) | Bentuk Soal | No. Soal | Contoh Soal (ilustrasi) |
| :– | :————- | :——————— | :————————————- | :———————- | :———- | :——– | :—————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————————-**Tersedia lebih dari 1200 kata, artikel ini akan memberikan panduan lengkap mengenai penyusunan kisi-kisi soal untuk Kurikulum 2013 (K13) Kelas 3 SD, dengan fokus pada Tema 6 "Energi dan Perubahannya".

Menyelami Kisi-Kisi Soal K13 Kelas 3 SD Tema 6: Panduan Komprehensif untuk Penilaian Berbasis Energi

Pendahuluan

Pendidikan adalah fondasi utama dalam membentuk generasi penerus bangsa. Di era Kurikulum 2013 (K13), proses pembelajaran tidak hanya berfokus pada transfer pengetahuan, melainkan juga pada pengembangan sikap, keterampilan, dan kemampuan berpikir tingkat tinggi (HOTS). Penilaian dalam K13 pun dituntut untuk lebih komprehensif, autentik, dan mampu merefleksikan proses serta hasil belajar siswa secara holistik. Dalam konteks ini, penyusunan "kisi-kisi soal" memegang peranan yang sangat vital.

Kisi-kisi soal bukan sekadar daftar materi yang akan diujikan, melainkan sebuah kerangka acuan sistematis yang memastikan bahwa soal-soal ujian memiliki validitas isi yang tinggi, relevan dengan tujuan pembelajaran, dan mampu mengukur berbagai aspek kompetensi siswa. Untuk jenjang Sekolah Dasar (SD), khususnya Kelas 3, K13 menerapkan pendekatan tematik-integratif, di mana berbagai mata pelajaran disatukan dalam sebuah tema besar. Tema 6, "Energi dan Perubahannya", adalah salah satu contoh tema yang kaya akan integrasi materi dari PPKn, Bahasa Indonesia, Matematika, Seni Budaya dan Prakarya (SBdP), serta Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan (PJOK).

Artikel ini akan mengupas tuntas tentang pentingnya kisi-kisi soal dalam K13, menganalisis cakupan Tema 6 Kelas 3 SD, serta menyajikan contoh kisi-kisi soal yang detail dan komprehensif. Tujuannya adalah memberikan panduan praktis bagi para pendidik dalam menyusun instrumen penilaian yang efektif dan sesuai dengan semangat K13.

Memahami Konsep dan Urgensi Kisi-Kisi Soal dalam K13

Apa Itu Kisi-Kisi Soal?
Kisi-kisi soal dapat diibaratkan sebagai "cetak biru" atau "blue print" sebelum menyusun instrumen penilaian, seperti tes tertulis. Ia adalah matriks atau tabel yang memuat spesifikasi soal yang akan dibuat. Komponen utama sebuah kisi-kisi biasanya meliputi:

  1. Kompetensi Dasar (KD): Kemampuan minimal yang harus dicapai siswa setelah mengikuti proses pembelajaran.
  2. Indikator Pencapaian Kompetensi (IPK): Penanda pencapaian KD yang spesifik dan terukur. IPK inilah yang menjadi dasar perumusan soal.
  3. Materi Pokok: Pokok-pokok bahasan yang relevan dengan IPK.
  4. Level Kognitif (Taksonomi Bloom Revisi): Tingkat kemampuan berpikir yang diukur, mulai dari mengingat (C1), memahami (C2), menerapkan (C3), menganalisis (C4), mengevaluasi (C5), hingga mencipta (C6).
  5. Bentuk Soal: Jenis soal yang akan digunakan (misalnya, pilihan ganda, isian singkat, uraian, menjodohkan).
  6. Jumlah Soal: Alokasi jumlah soal untuk setiap IPK atau materi.
  7. Nomor Soal: Penomoran soal dalam instrumen penilaian.

Mengapa Kisi-Kisi Begitu Penting dalam K13?
K13 memiliki filosofi yang menekankan pada pembelajaran yang bermakna, kontekstual, dan mengintegrasikan berbagai aspek perkembangan siswa. Pentingnya kisi-kisi dalam K13 dapat dijelaskan sebagai berikut:

  1. Menjamin Validitas Isi (Content Validity): K13 dirancang dengan KD dan IPK yang jelas. Kisi-kisi memastikan bahwa soal yang dibuat benar-benar menguji apa yang seharusnya diukur berdasarkan KD dan IPK yang telah diajarkan. Ini mencegah soal yang "melenceng" dari tujuan pembelajaran.
  2. Mendorong Penilaian Autentik dan Holistik: Dengan pendekatan tematik-integratif, kisi-kisi membantu guru merancang soal yang menggabungkan berbagai mata pelajaran dalam satu konteks. Misalnya, soal tentang "hemat energi" bisa melibatkan aspek hak dan kewajiban (PPKn), kemampuan menyusun kalimat anjuran (Bahasa Indonesia), dan perhitungan durasi penggunaan alat elektronik (Matematika).
  3. Memfasilitasi Pengukuran HOTS: Salah satu ciri khas K13 adalah penekanan pada HOTS. Kisi-kisi memaksa guru untuk memikirkan dan merencanakan soal-soal yang tidak hanya menguji hafalan (LOTS) tetapi juga kemampuan berpikir tingkat tinggi seperti analisis, evaluasi, dan mencipta. Dengan demikian, penilaian tidak hanya berorientasi pada "apa" yang diketahui, tetapi "bagaimana" pengetahuan itu diterapkan.
  4. Meningkatkan Reliabilitas dan Objektivitas: Dengan panduan yang jelas dalam kisi-kisi, potensi bias atau subjektivitas guru dalam menyusun soal dapat diminimalkan. Soal yang dihasilkan akan lebih konsisten dan adil bagi semua siswa.
  5. Efisiensi dalam Penyusunan Soal: Guru tidak perlu memulai dari nol setiap kali akan menyusun soal. Kisi-kisi menjadi peta jalan yang memandu proses penyusunan soal, menghemat waktu dan tenaga.
  6. Transparansi dan Akuntabilitas: Kisi-kisi dapat menjadi dokumen yang menunjukkan kepada pihak lain (orang tua, kepala sekolah, pengawas) bahwa penilaian yang dilakukan telah direncanakan dengan matang dan sesuai dengan standar kurikulum.

Analisis Tema 6 Kelas 3 SD: "Energi dan Perubahannya"

Tema 6 "Energi dan Perubahannya" adalah tema yang sangat relevan dan dekat dengan kehidupan sehari-hari siswa. Tema ini dirancang untuk menumbuhkan kesadaran siswa akan pentingnya energi, berbagai bentuk dan sumbernya, serta tanggung jawab dalam penggunaannya. Tema ini terbagi menjadi empat subtema utama:

  • Subtema 1: Sumber Energi: Siswa diajak mengenal berbagai sumber energi di sekitar (matahari, air, angin, makanan, listrik) dan manfaatnya dalam kehidupan sehari-hari. Fokus juga pada hak dan kewajiban terkait pemanfaatan energi.
  • Subtema 2: Perubahan Energi: Memahami bahwa energi dapat berubah bentuk dari satu jenis ke jenis lain (misalnya, energi listrik menjadi cahaya pada lampu, energi kimia pada makanan menjadi energi gerak tubuh).
  • Subtema 3: Energi Alternatif: Mengenal sumber energi terbarukan yang ramah lingkungan sebagai solusi masa depan (misalnya, energi angin, air, panas bumi, biomassa, gelombang laut).
  • Subtema 4: Hemat Energi: Menumbuhkan kesadaran akan pentingnya menghemat energi, mengidentifikasi cara-cara berhemat, dan memahami dampak positif dari perilaku hemat energi bagi lingkungan dan keberlanjutan.

Integrasi Mata Pelajaran dalam Tema 6:
Setiap subtema dalam K13 dirancang untuk mengintegrasikan berbagai mata pelajaran:

  • PPKn: Menekankan hak dan kewajiban warga negara dalam memanfaatkan energi, pentingnya tanggung jawab, musyawarah untuk keputusan bersama, dan gotong royong dalam menjaga sumber daya.
  • Bahasa Indonesia: Mengembangkan kemampuan membaca dan memahami teks informasi tentang energi, menulis laporan sederhana, melakukan wawancara, serta menggunakan kosakata baku dan kalimat efektif.
  • Matematika: Melatih kemampuan pengukuran waktu (misalnya, lama kegiatan, durasi penggunaan alat elektronik), serta operasi hitung dasar dalam konteks permasalahan energi.
  • SBdP: Mengajak siswa berekspresi melalui seni, seperti membuat gerakan tari yang menirukan perubahan energi, atau menciptakan poster kampanye hemat energi.
  • PJOK: Mengaitkan energi dengan aktivitas fisik dan kesehatan tubuh.

Contoh Kisi-Kisi Soal K13 Kelas 3 SD Tema 6

Berikut adalah contoh kisi-kisi soal yang dapat digunakan untuk penilaian harian atau penilaian akhir Tema 6. Kisi-kisi ini mencoba mengintegrasikan berbagai mata pelajaran dan level kognitif sesuai dengan semangat K13.

KISI-KISI SOAL PENILAIAN TEMA 6
Kelas/Semester: III / II
Tema: 6. Energi dan Perubahannya
Alokasi Waktu: 90 menit (asumsi 20 soal pilihan ganda + 5 soal isian/uraian)

No. Mata Pelajaran Kompetensi Dasar (KD) Indikator Pencapaian Kompetensi (IPK) Materi Pokok Level Kognitif Bentuk Soal No. Soal
1. PPKn 3.2 Mengidentifikasi hak dan kewajiban sebagai anggota keluarga dan warga sekolah. Menyebutkan hak dan kewajiban dalam memanfaatkan energi di rumah. Hak dan Kewajiban dalam Energi C1 (Mengingat) Pilihan Ganda 1, 2
2. PPKn 3.2 Mengidentifikasi hak dan kewajiban sebagai anggota keluarga dan warga sekolah. Menganalisis akibat dari tidak melaksanakan kewajiban menghemat energi. Dampak Boros Energi C4 (Menganalisis) Uraian 21
3. Bahasa Indonesia 3.2 Menggali informasi tentang sumber dan perubahan energi disajikan dalam bentuk lisan, tulis, visual, dan/atau eksplorasi lingkungan. Mengidentifikasi informasi penting dari teks tentang sumber energi. Teks Sumber Energi C2 (Memahami) Pilihan Ganda 3, 4
4. Bahasa Indonesia 3.2 Menggali informasi tentang sumber dan perubahan energi disajikan dalam bentuk lisan, tulis, visual, dan/atau eksplorasi lingkungan. Menyusun kalimat ajakan hemat energi dengan kalimat efektif. Kalimat Ajakan C6 (Mencipta) Uraian 22
5. Matematika 3.6 Menjelaskan dan menentukan lama waktu suatu kejadian berlangsung. Menentukan durasi/lama suatu kegiatan dalam satuan jam dan menit. Pengukuran Waktu C3 (Menerapkan) Pilihan Ganda 5, 6
6. Matematika 3.6 Menjelaskan dan menentukan lama waktu suatu kejadian berlangsung. Menyelesaikan masalah kontekstual tentang penggunaan energi dan waktu. Masalah Waktu Energi C4 (Menganalisis) Isian Singkat 19, 20
7. SBdP 3.3 Memahami dinamika gerak tari. Mengidentifikasi gerak tari yang menirukan perubahan energi. Gerak Tari Energi C2 (Memahami) Pilihan Ganda 7
8. SBdP 3.4 Memahami karya seni rupa teknik tempel. Menjelaskan pesan moral dari sebuah poster hemat energi. Poster Hemat Energi C5 (Mengevaluasi) Uraian 23
9. Bahasa Indonesia 3.2 Menggali informasi tentang sumber dan perubahan energi disajikan dalam bentuk lisan, tulis, visual, dan/atau eksplorasi lingkungan. Mengidentifikasi contoh perubahan energi dalam kehidupan sehari-hari. Perubahan Energi C2 (Memahami) Pilihan Ganda 8, 9
10. PPKn 3.2 Mengidentifikasi hak dan kewajiban sebagai anggota keluarga dan warga sekolah. Mengidentifikasi perilaku yang menunjukkan sikap hemat energi. Sikap Hemat Energi C3 (Menerapkan) Pilihan Ganda 10, 11
11. Matematika 3.6 Menjelaskan dan menentukan lama waktu suatu kejadian berlangsung. Menghitung selisih waktu dua kegiatan yang berkaitan dengan energi. Selisih Waktu C3 (Menerapkan) Pilihan Ganda 12, 13
12. Bahasa Indonesia 3.2 Menggali informasi tentang sumber dan perubahan energi disajikan dalam bentuk lisan, tulis, visual, dan/atau eksplorasi lingkungan. Menyimpulkan informasi pokok dari teks tentang energi alternatif. Teks Energi Alternatif C4 (Menganalisis) Pilihan Ganda 14, 15
13. PPKn 3.2 Mengidentifikasi hak dan kewajiban sebagai anggota keluarga dan warga sekolah. Mengidentifikasi dampak positif dari penggunaan energi alternatif. Manfaat Energi Alternatif C2 (Memahami) Pilihan Ganda 16
14. PJOK 3.5 Memahami berbagai bentuk aktivitas fisik. Menyebutkan jenis makanan yang menghasilkan energi untuk beraktivitas. Makanan Sumber Energi C1 (Mengingat) Pilihan Ganda 17
15. PJOK 3.5 Memahami berbagai bentuk aktivitas fisik. Mengidentifikasi cara menjaga kebugaran tubuh

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *